Selasa, 21 Desember 2010

RADAR MALANG


Radar malang merupakan tempat penerbitan koran. Radar malang terletak di tempat yang cukup strategis, dimana berada pada daerah perkotaan sehingga mudah untuk didatangi oleh orang-orang yang ingin melihat langsung keadaan disana.
Sebagai dunia jurnalistik, radar malang memilki istilah “wartawan”. Dan wartawan memiliki kode etik, kode etik tersebut tersebut adalah wartawan haruslah melindungi dan menjaga privasi narasumber, wartawan harus melindungi anak-anak dibawah umur, wartawan tidak boleh menulis hal-hal yang tidak berimbang, wartawan boleh melakukan hak tolak, dan terpenting adalah wartawan tidak boleh plagiat atau mengambil tulisan orang.
Kode etik wartawan di atas merupakan hal yang wajib dipatuhi oleh para wartawan. Jika mereka melanggar maka akan mendapatkan sanksi baik bersifat intern maupun sanksi moral.
Dalam sistem penerbitan sebelum Koran dicetak akan melalui proses par cetak terlebih dahulu dan di edit sebelum dilayout. Dan jika Koran hasil cetakan tidak habis terjual maka koran tersebut tidak dibiarkan sia-sia, melainkan di daur ulang dan batasan sampai dua kali daur ulang, jika melebihi dari dua kali akan dijadikan sebagai kardus dan lain sebagainya. Dengan itu, akan memberikan keuntungan bagi mereka (radar malang).
Masalah subtansi isi/pokok bahasan dalam Koran, Koran radar malang terdiri dari pembahasan atau topik-topik yaitu olahraga atau sport, ekonomi bisnis, politik, otonomi. Show dan seleb, dan juga terdapat lapsus atau laporan khusus. Laporan khusus diterbitkan sesuai dengan tingkat kebutuhan saat itu. Dalam koran radar malang juga tersedia rubrik pemasangan iklan, dimana dalam penulisan iklan terbagi menjadi dua macam yaitu berwarna dan tidak berwarna (hitam putih). Pemasangan iklan ini merupakan sumber dana bagi radar malang, namun dana ini bukanlah sumber utama.
Di radar malang juga menerima siswa magang, ketepatan saat ini radar malang menerima sisa magang dari SMK 4 Grafika yang berjumlah 2 orang. Dalam menyelesaikan laporan-laporan untuk diterbitkan, radar malang telah menggunakan program-program modern seperti menggunakan program computer Adobe Indesaign C54 dalam mengedit hasil dari pencarian berota yang dilakukan oleh para wartawan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar